Jakarta7 Februari 2024

Dorong Kemajuan Inovasi Asuransi, Zurich Ajak Startup Kolaborasi Lewat Kompetisi Berhadiah Milyaran Rupiah

Jakarta, 26 Januari 2024 - Zurich Insurance Group kembali menyelenggarakan Zurich Innovation Championship (ZIC) edisi tahun 2024, kompetisi inovasi asuransi untuk start-up di seluruh dunia. Diselenggarakan sejak tahun 2018, kompetisi ini merupakan salah satu yang terbesar di industri asuransi dengan memberikan peluang kepada start-up untuk menerima pendanaan (bebas ekuitas) hingga USD 100.000 atau senilai lebih dari Rp 1 miliar guna menciptakan solusi dalam menghadapi dinamika di industri asuransi.

Memasuki periode kelima, pendaftaran ZIC 2024 sudah dibuka pada 8 Januari 2024 hingga 14 Februari 2024. Melalui kompetisi ini, pemenang berkesempatan bekerja sama dengan Zurich secara lokal di negara tertentu maupun secara global, serta bergabung bersama dengan lebih dari 50 kolaborasi start-up yang sudah berjalan hingga saat ini.

Edhi Tjahja Negara, Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), mengatakan, "Hingga saat ini, Zurich telah berhasil mengumpulkan 8.000 inovasi dari start-up di berbagai penjuru dunia melalui kompetisi ZIC ini. Melihat minat yang cukup tinggi tersebut, kami kembali mengundang para start-up, terutama di Indonesia, untuk berpartisipasi dalam kompetisi dan bersama-sama menghadirkan inovasi dan solusi di bidang asuransi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat."

Berbeda dari program kompetisi lainnya, ZIC memberikan jangkauan global, kolaborasi erat sejak awal antara start-up yang berpartisipasi dan unit bisnis di Zurich, serta pendekatan yang didasarkan pada keterkaitan solusi dengan kebutuhan unit bisnis dimana peserta start-up dapat mengusulkan program untuk diterapkan di negara lain.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, start-up dapat mendaftar untuk berbagai kategori, dengan sepuluh pemenang dalam kategori berikut: Jiwa dan Kesehatan, Asuransi Komersial, Asuransi Umum, dan Penyederhanaan Digital. Start-up yang berpartisipasi akan dinilai oleh tim eksekutif Zurich di masing-masing negara berdasarkan inovasi yang paling sesuai untuk industri asuransi di negaranya. Selanjutnya, start-up terpilih akan kembali dinilai oleh tim kepemimpinan eksekutif Zurich untuk menentukan pemenang di tingkat global. Pemenang kemudian bersama-sama membuktikan bagaimana inovasi mereka dapat menjadi solusi bagi pelanggan serta industri asuransi dengan diterapkannya inovasi tersebut secara lokal hingga pada akhirnya di seluruh unit bisnis Zurich Insurance Group. Komitmen ini tidak hanya berlaku di tingkat global, tetapi juga diterapkan di Indonesia.

Di tahun 2023, perusahaan survei visual berbasis artificial intelligent/AI (kecerdasan buatan) asal India bernama CamCom Technology Pvt Ltd (CamCom) mengajukan inovasi penilaian (survei) kendaraan untuk membantu proses pengajuan polis asuransi dengan teknologi AIuntuk diterapkan di Indonesia melalui kompetisi ZIC. Oleh karena itu, CamCom dinilai oleh tim eksekutif Zurich Indonesia hingga akhirnya terpilih sebagai unggulan di Indonesia pada ZIC tahun 2023. Pada pertengahan tahun lalu (2023), Zurich Indonesia berkolaborasi dengan Camcom meluncurkan Teknologi AI tersebut untuk membantu proses pengajuan polis kendaraan yang sesuai, lebih cepat, lebih akurat, dan meminimalisir kesalahan yang diakibatkan oleh manusia. 

"Melalui kompetisi ini, kami membuktikan komitmen Zurich untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik, terutama bagi nasabah kami untuk mendapatkan pengalaman berasuransi yang lebih mudah dan sederhana", tutup Edhi.

ZIC 2024 terbuka untuk start-up di seluruh dunia. Informasi lengkap mengenai ZIC 2024 dan hasil kompetisi tahun sebelumnya dapat dilihat melalui laman website www.zurich.com/zic

PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK)