Apa Perbedaan CV dan Surat Lamaran Kerja? Berikut Penjelasannya!

Self-Improvement & KnowledgeArtikel21 Desember 2020

Agar tidak semakin bingung dengan beda CV dan lamaran kerja, berikut informasi yang perlu diketahui!

Share this

Ketika seseorang melamar kerja untuk pertama kalinya, tidak sedikit yang bertanya-tanya apa itu CV dan apa itu surat lamaran kerja. Kedua berkas ini menjadi sangat penting sebab merupakan pintu pembuka antara pelamar dan perekrut. Agar tidak semakin bingung, berikut penjelasan CV dan surat lamaran kerja!

Beda CV dan Surat Lamaran Kerja

Baik CV dan surat lamaran kerja jelas memiliki perbedaan. Sesuai arti dari namanya, CV (curriculum vitae) pada dasarnya merupakan daftar riwayat hidup yang di dalamnya terdapat perjalanan hidup seseorang yang menampilkan pendidikan, pelatihan, serta pekerjaan apa saja yang sudah pernah ditempuhnya. Sementara surat lamaran kerja adalah surat yang menjadi bentuk komunikasi antara dua orang. Orang yang melamar dan orang atau perekrut yang berada di tempat kerja yang dilamarnya.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya beda CV dan surat lamaran kerja, maka jawabannya dua hal yang begitu berbeda. CV biasanya dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja agar memudahkan perekrut untuk mengenali Anda sebelum proses wawancara dijalankan.

Baca juga:7 Persiapan Interview Kerja untuk Dapatkan Pekerjaan Impian

Tips Membuat CV dan Surat Lamaran Kerja

Untuk menarik perhatian perekrut agar Anda bisa lanjut ke proses perekrutan berikutnya, Anda perlu paham dulu bagaimana cara membuat CV dan surat lamaran kerja yang benar-benar menarik perhatian. Jika tidak, Anda akan kalah bersaing dengan pelamar lainnya.

Adapun tips membuat CV, yakni antara lain sebagai berikut:

1.Buatlah desain CV yang sederhana, tetapi tetap eye catching. Gunakan font yang sederhana dan mudah dibaca. Perhatikan dengan baik kesalahan-kesalahan penulisan yang bisa saja muncul

2.Deskripsikan diri secara singkat, padat, dan jelas. Hindari penulisan CV yang bertele-tele atau curhat, sehingga membuat perekrut bosan.

3.Tambahkan tautan ke halaman LinkedIn serta jangan lupa informasi kontak yang jelas agar perekrut bisa menghubungi sesegera mungkin.

Sementara tips membuat surat lamaran kerja yang perlu diperhatikan, yaitu:

1.Jangan menulis ulang informasi yang sudah ada di CV.

2.Pastikan kepada siapa Anda menulis surat dan untuk keperluan apa.

3.Gunakan tata bahasa yang baik dan benar sesuai KBBI.

4.Baca dengan baik seluruh syarat dan ketentuan lowongan kerja yang dilamar

5.Pakai kalimat kerja aktif demi menunjukkan antusiasme dalam melamar pekerjaan

Itu tadi ulasan singkat mengenai beda CV dan surat lamaran kerja yang penting diketahui. Selain fokus dalam mendapatkan pekerjaan impian, ada baiknya juga jika Anda mulai menyiapkan asuransi dan investasi demi masa depan yang lebih baik.

Salah satu produk yang punya keduanya, yakni Zurich Proteksi 8 dari Zurich Indonesia. Produk ini memberikan asuransi jiwa modern yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa selama 8 tahun tetapi juga pengembalian premi sebesar 108% pada akhir masa perlindungan.

Selain itu, Zurich Proteksi 8 akan memberikan uang pertanggungan untuk keluarga Anda serta memberikan ketenangan hidup dan menjamin masa depan Anda dan orang yang Anda cintai. Menarik sekali, 'kan?