7 Persiapan Interview Kerja untuk Dapatkan Pekerjaan Impian

Self-Improvement & KnowledgeArtikel4 Agustus 2020

Punya jadwal wawancara kerja dalam waktu dekat? Simak apa saja persiapan interview kerja yang perlu dilakukan untuk peroleh pekerjaan impian!

Share this

Dalam meniti karir, semua orang pasti akan melewati interview kerja. Tahapan ini merupakan waktu di mana banyak orang dapat menunjukkan potensi mereka kepada pihak pewawancara, seperti calon atasan serta HRD.

Bisa jadi, lantaran banyaknya pelamar pekerjaan, para pewawancara pun sering kali bingung dalam menentukan kandidat yang tepat. Hal ini bukan hanya dipengaruhi oleh jenjang pendidikan, tapi kepribadian serta motivasi diri para pelamar pekerjaan.

Apabila Anda merupakan salah satu yang sedang mencari pekerjaan, jangan khawatir! Dengan 7 persiapan tips interview kerja berikut ini, Anda akan lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan impian. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Mencari Tahu Soal Posisi dan Job Description yang Dilamar

Persiapan interview kerja yang pertama adalah dengan mencari tahu lebih jauh terkait posisi yang akan dilamar. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membaca deskripsi pekerjaan (job description) di tiap-tiap lowongan pekerjaan.

Cara ini penting dilakukan karena pada wawancara nanti, pihak perusahaan akan menguji pengetahuan Anda terkait deskripsi pekerjaan serta pengetahuan seputar posisi tersebut. Anda dapat melakukannya dengan mewawancara teman atau kolega yang telah memiliki posisi serupa atau juga mencari tahu lewat internet. Bahkan bila perlu, Anda dapat menelusuri lebih jauh teori-teori dasar pada ranah tersebut!

2. Mencari Tahu Potensi Diri

Sebelum mencari pekerjaan, persiapan interview kerja yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami potensi diri. Karakter, bakat, serta keterampilan diri perlu dipahami agar Anda dapat lebih merasa percaya diri serta membuat pewawancara yakin akan hal tersebut.

Kesimpulannya, sebelum membuat orang lain percaya akan kemampuan diri Anda, cobalah untuk percaya kemampuan diri sendiri. Dari situ, Anda baru bisa menunjukkan potensi-potensi yang Anda miliki.

3. Melakukan Latihan Wawancara Kerja

Latihan menjawab pertanyaan wawancara merupakan salah satu hal yang bisa juga Anda lakukan. Bahkan, hal ini bisa dibilang salah satu persiapan penting saat interview kerja, lho! Dengan cara ini, Anda akan dapat lebih mengantisipasi pertanyaan serta mempersiapkan jawaban-jawabannya sebelum interview.

Anda bisa melakukan ini dengan bantuan saudara atau teman agar mereka dapat memberikan penilaian atau pendapat dan Anda juga bisa melakukannya sendiri di depan kaca. Lihatlah ekspresi serta gestur Anda pada saat berbicara. Pastikan hal-hal tersebut mencerminkan etika wawancara kerja yang seharusnya, yakni sopan, ramah, serta berwibawa.

Baca Juga: Tips Menjawab Pertanyaan Interview yang Paling Sering Muncul Saat Wawancara

4. Mempelajari Profil Perusahaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memahami deskripsi pekerjaan adalah hal yang penting. Selain itu, membaca deskripsi perusahaan dan industrinya juga merupakan bagian dari persiapan interview kerja yang harus Anda lakukan. Wawancara kerja tak hanya fokus pada kandidat saja, pengetahuan Anda seputar perusahaan yang dilamar pun akan menjadi suatu penilaian.

Umumnya, pewawancara akan mencari tahu seberapa banyak informasi yang Anda ketahui tentang perusahaan, misalnya seputar latar belakang, produk atau jasa yang ditawarkan, visi dan misi perusahaan, serta berita terkini terkait perusahaan tersebut. Apabila berhasil menjawabnya, tentu Anda akan dilihat sebagai kandidat yang baik serta menghargai kesempatan.

5. Menentukan Pakaian yang Sesuai

Perhatikan pakaian yang akan digunakan nanti pada saat wawancara. Pastikan Anda menggunakan pakaian yang rapi dan juga yang terbaik. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budaya di perusahaan tersebut. Pilih pakaian lebih formal untuk wawancara dengan instansi pemerintah atau bank agar terlihat serius. Tetapi, jika yang dilamar adalah start up atau advertising agency, Anda bisa memilih pakaian semi formal agar terlihat tidak kaku.

Setiap perusahaan memiliki standarnya sendiri. Terkadang yang terlihat serius bisa menjadi terlalu kaku. Begitu juga dengan pakaian semi formal, bisa jadi hal tersebut malah berdampak buruk dan menjadikan Anda terlihat terlalu santai.

6. Menjaga Personal Branding di Sosial Media

Menjaga penampilan bukan hanya seputar memilih pakaian yang terbaik. Faktanya, internet persona atau bagaimana Anda menampilkan diri di internet, terutama media sosial, juga sangat penting. Pastikan Anda menunjukkan hal-hal yang terbaik dan hindari hal-hal yang berbau negatif serta diskriminatif terhadap kelompok tertentu.

Penyebabnya adalah para HRD akan mencari karyawan yang memiliki kepribadian yang baik yang dapat menjadi representatif perusahaan. Apabila karyawan bertindak buruk di internet, tentu hal ini akan berdampak negatif pada perusahaan.

7. Pastikan Dokumen yang Akan Dibawa Sudah Lengkap

Melamar pekerjaan kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Dengan adanya kemudahan itu, jangan sampai Anda malah melupakan dokumen fisik. Jika CV telah diberikan melalui email, ada baiknya untuk mencetaknya agar lebih mudah didiskusikan bersama. Begitu juga dengan dokumen-dokumen penting lainnya, ada baiknya Anda melampirkan fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan lain-lainnya.

Nah, itulah tadi persiapan interview kerja yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam proses wawancara kerja serta menjadi kandidat idaman para pewawancara.

Setelah Anda memperoleh pekerjaan yang Anda impikan, tidak ada salahnya untuk menyisihkan dana untuk meningkatkan perlindungan jiwa. Anda dapat memilih asuransi jiwa seperti Zurich Proteksi 8 yang memberikan perlindungan selama 8 tahun dengan premi yang terjangkau. Tak hanya itu, produk ini juga memungkinkan pengembalian premi 108% pada akhir masa perlindungan!

Baca Juga: 5 Tips Interview Kerja Agar Mencuri Hati Para HRD, Apa Saja?