Yuk, Berkunjung ke 5 Tempat Wisata di Penang yang jadi Lokasi Liburan Favorit!

Culture Travel & SocialArtikel19 Maret 2020

Penang menjadi salah satu daerah yang juga diminati oleh wisatawan Indonesia. Berikut beberapa tempat wisata di Penang yang bisa jadi pilihan Anda.

Share this

Jika berbicara soal Malaysia, yang terkenal tidak melulu Kuala Lumpur, Melaka, atau Johor saja, lho. Di negeri Jiran masih banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Penang yang dijadikan sebagai salah satu kota di dunia dengan ragam warisan budaya dan sejarah oleh UNESCO. Makanya tidak heran jika saat ini ada begitu banyak tempat wisata di Penang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Di bawah ini adalah 5 tempat yang wajib dikunjungi di Penang sebagai rekomendasi untuk rencana liburan Anda selanjutnya.

Batu Ferringhi Night Market

Salah satu tempat wisata di Penang yang terkenal sebagai lokasi berbelanja di malam hari dengan harga terjangkau, adalah Batu Ferringhi Market Penang. Lokasinya ada di jalan Pantai Batu, Tanjung Bungah, Penang. Di sini Anda bisa menemukan banyak oleh-oleh seperti aksesoris khas Penang, berbagai jenis dekorasi murah meriah, lampion unik, tas, hingga karya seni. Selain murah, Anda masih bisa menawar lagi untuk harga yang diberikan oleh para penjualnya.

Tidak hanya itu, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata kuliner Penang dengan harga kaki lima. Batu Ferringhi Night Market bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 7 malam hingga tengah malam.

Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple yang dibuka pada tahun 1905 menjadi salah satu kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara dan merupakan salah satu tempat wisata di Penang yang menjadi favorit para turis. Nama Kek Lok Si Temple berarti Kuil Kebahagiaan Tertinggi. Kuil ini menjadi lokasi ziarah yang sakral bagi penganut ajaran Buddha yang bermukim di Hong Kong, Singapura, maupun negara Asia Tenggara lainnya.

Menariknya, kuil ini juga menghadap ke laut sehingga pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati pemandangan nan indah sejauh mata memandang. Terdapat juga pagoda tujuh tingkat yang dibuat untuk menandakan harmoni antara Buddha Mahayana dan Buddha Theravada.

Perayaan Tahun Baru China adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Kek Lok Si Temple karena Anda akan menemukan kuil ini dihiasi dengan ribuan lentera gantung yang bertaburan cahaya dan membuatnya semakin indah dinikmati bersama orang-orang terdekat Anda.

Penang Toy Museum

Tempat wajib dikunjungi di Penang bersama anak-anak sudah pasti Penang Toy Museum. Museum yang letaknya ada di Jalan Teluk Bahang ini berisi berbagai jenis mainan yang berasal dari seluruh dunia, di antaranya mainan tokoh kartun Doraemon, Sailormoon, dan Turtle Ninja. Di sini juga ada boneka, patung lilin, dan lainnya.

Museum yang dibuka pertama kali pada 2005 ini menyimpan sekitar 100.000 koleksi mainan yang terbagi dalam 12 zona, dan dikelompokkan berdasarkan bentuk mainan yang dipamerkan, yakni Chamber of Comic Book Heroes, Chamber of Fantasy, Chamber of Horrors, Cave of Dinosaurs, Chamber of Monsters, Hall of Cartoons, Hall of Rock Legends, Fields of Combat, Hall of Beauties, Hall of Celebrities, Hall of Virtual Reality, dan Star Wars Collections. Dijamin anak Anda akan betah berlama-lama di museum yang satu ini.

Restoran Kapitan

Mau melakukan wisata kuliner Penang? Salah satu rekomendasinya adalah restoran Kapitan yang berlokasi di Jl. Chulia No. 111, George Town. Tempat makan ini cukup tersohor di kalangan warga lokal Penang dan biasanya padat pengunjung ketika waktu makan malam tiba. Adapun menu makanan yang disediakan antara lain briyani, nasi kandar, kebab, naan, tandoori chicken, dan thosai. Di restoran ini Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas India di atas maupun lainnya dengan harga yang tergolong murah.

Armenian Street dan Khoo Kongsi

Jika Anda ingin mencari tempat wisata di Penang yang mengusung tema seni, Lebuh Armenian atau Armenian Street bisa jadi pilihan. Anda bisa puas menikmati seni jalanan yang kaya akan budaya di sepanjang gang kecil di area George Town ini. Di sini, Anda bisa berfoto dengan menggunakan background mural-mural atau street art painting yang indah dan berburu cendera mata unik di toko suvenir dan toko-toko barang antik lokal atau mengunjungi museum serta melihat-lihat rumah-rumah bertema Tiongkok.

Jalan ini juga dikelilingi oleh masjid-masjid, Kuil Cina dan Rumah Klan. Di sekitar jalan ini, Anda juga bisa berkunjung ke Khoo Kongsi yang merupakan rumah Klan megah berbentuk kuil Tiongkok yang dibangun tahun 1906 dengan mengedepankan gaya arsitektur khas Tiongkok.

Selain tempat wisata, banyak warga Indonesia yang menjadikan Penang sebagai lokasi tujuan berobat ke luar negeri. Hal ini bisa dipengaruhi oleh status Penang sebagai salah satu daerah di Malaysia yang cukup maju, sehingga membuat penduduk atau warga Penang bisa mendapatkan pendidikan dan fasilitas yang cukup baik pula.

Tentunya jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata di Penang di atas atau hendak bepergian untuk keperluan lainnya, jangan lupa untuk mempersiapkan secara matang segala hal yang diperlukan, seperti tiket pesawat, penginapan, itinerary, dan tentunya asuransi kesehatan.

Anda bisa memilih Zurich Critical Advantage yang merupakan asuransi akses perawatan kesehatan terbaik di luar negeri dan dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda beserta bantuan oleh ahli medis terbaik di negara manapun di luar Indonesia.

Manfaat yang bisa dirasakan, di antaranya yakni fasilitas cashless untuk mendapatkan perawatan kesehatan di negara manapun di luar Indonesia, manfaat perawatan pengaturan keberangkatan ke luar negeri, perawatan medis di luar negeri, hingga pengaturan kembali ke Indonesia, dengan total manfaat mencapai USD 2 juta selama masa asuransi.