Kandungan dan Manfaat Utama Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Self-Improvement & KnowledgeArtikel5 November 2020

Apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Share this

Tidak hanya berfungsi sebagai bahan penyedap dalam berbagai hidangan, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rempah-rempah asli Asia Tenggara berwarna kuning pekat ini kaya akan antioksidan serta berbagai zat anti inflamasi. Oleh karena itu, kunyit sering digunakan untuk membantu mengatasi berbagai penyakit mulai dari kelelahan, rematik, dan masih banyak lagi.

Ingin tahu berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini!

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kunyit yang utama dan banyak dikenal orang adalah kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena kunyit mengandung zat kurkumin yang dapat bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh. Kemudian, kunyit juga mengandung kandungan penting lainnya, yakni zat anti kataral. Kandungan ini mampu berfungsi untuk memerangi virus atau bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Mengatasi Mual

Selain berperan sebagai antioksidan dalam tubuh, zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga dapat meresap ke aliran darah untuk mengurangi tekanan pada perut. Jika dikonsumsi secara rutin, Anda bisa merasakan salah satu manfaat kunyit bagi tubuh, yakni berkurangnya tekanan pada perut sehingga terasa lebih lega dan bebas mual.

Bantu Mengatasi Peradangan

Manfaat kunyit yang berikutnya adalah kemampuannya membantu mengatasi peradangan dalam tubuh. Hal ini juga dilakukan oleh zat kurkumin yang memiliki efek anti-radang yang efektif. Zat aktif tersebut mampu membantu menghentikan kerja enzim dan juga sitokin yang bisa menyebabkan inflamasi pada tubuh. Selain itu, hormon kortison pun akan meningkat dan peradangan yang Anda alami akan segera membaik.

Bantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurunkan risiko penyakit jantung adalah manfaat kunyit bagi tubuh yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit rupanya mampu melakukan hal ini dengan meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah (endotelium). Bahkan, seperti yang dilansir di laman Healthline, efek zat kurkumin pada kunyit ini sama efektifnya dengan berolahraga!

Mengurangi Gejala dan Risiko Penyakit Maag

Selanjutnya, kegunaan kunyit untuk kesehatan adalah untuk mengurangi gejala dan penyakit maag. Saat gejala maag Anda sedang kambuh, cobalah untuk menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyeri pada bagian perut.

Pada dasarnya, penyakit maag dapat dipicu oleh luka pada lambung yang diakibatkan oleh infeksi bakteri H. Pylori, alkohol, rokok, dan beberapa jenis makanan tertentu, serta hal-hal lain yang dapat mengikis lapisan dinding usus sehingga memicu refluks asam lambung naik. Seperti yang disebutkan pada jurnal Systematic Reviews, kurkumin dalam kunyit rupanya dapat mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag karena dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih.

Bantu Mengatasi Penyakit Psoriasis

Berikutnya, kegunaan kunyit untuk kesehatan adalah dapat membantu Anda mengatasi penyakit psoriasis. Kualitas antioksidan dan anti inflamasi yang terkandung dalam kunyit dapat mengendalikan pemicu serta gejala lainnya. National Psoriasis Foundation menyebutkan bahwa Anda dapat menggunakan kunyit sebagai suplemen atau menambahkannya ke dalam makanan yang dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan Anda. Jaga kesehatan tubuh Anda dengan rutin mengonsumsi rempah yang memiliki banyak khasiat ini serta tak lupa menerapkan pola hidup sehat yang lain, seperti berolahraga dan juga mengonsumsi makanan sehat lainnya.

Tapi, meski menjaga kesehatan tubuh itu sangat penting, jangan lupa untuk juga memperoleh proteksi ekstra dengan perlindungan asuransi yang lebih komprehensif dan sesuai kebutuhan pribadi Anda. Salah satu produk asuransi yang dapat Anda pilih adalah Zurich Principle Care. Zurich Principle Care menawarkan Anda kesempatan pengajuan klaim hingga maksimum 3 (tiga) kali karena penyakit kritis yang tak berhubungan atau bukan komplikasi dari penyakit kritis yang dialami sebelumnya. Tak hanya itu saja, produk ini juga menawarkan Manfaat Asuransi hingga 175% dari nilai Uang Pertanggungan. Dengan begitu, Anda dan keluarga dapat hidup lebih tenang serta lebih dapat menghindari dari risiko penyakit.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit