Agar Tak Salah Pilih, Kenali Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya

Setidaknya ada lima jenis asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ketahui perbedaan jenis asuransi mobil dan manfaatnya berikut ini!

Share this

Asuransi mobil merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan roda empat. Mengapa demikian? Alasannya, karena tak jarang kendaraan roda empat seperti mobil rentan mengalami berbagai risiko mulai dari pencurian hingga kecelakaan.

Karena itulah, asuransi mobil bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa khawatir sang pemilik. Sebab, asuransi mobil bisa memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang disebabkan oleh tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, hingga kebakaran.

Jenis-jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya

Asuransi mobil sebetulnya bukan hal baru. Di Indonesia, asuransi mobil terbagi kedalam beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, sebelum mengambil keputusan dalam memilih produk asuransi, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan jenis asuransi mobil dan manfaatnya berikut ini!

1. Asuransi All Risk/Comprehensive

Asuransi All Risk sering juga disebut sebagai jenis asuransi mobil Comprehensive. Asuransi mobil Comprehensive artinya jenis asuransi ini bisa melindungi mobil lebih menyeluruh dari beragam kerusakan maupun kerugian. Mulai dari kerusakan minor seperti baret halus, penyok, hingga kerusakan besar seperti tabrakan yang mengakibatkan body mobil berubah bentuk.

Tak hanya itu saja, asuransi mobil ini juga dapat memberikan perlindungan saat kendaraan mengalami pencurian dan bencana alam, seperti banjir atau gempa. Dengan catatan, semua kerusakan atau kerugian itu tertulis di dalam polis.

Karena perlindungannya bersifat menyeluruh, premi asuransi mobil All Risk biasanya lebih mahal ketimbang premi asuransi mobil lain seperti asuransi TLO.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Sesuai namanya, asuransi Total Loss Only (TLO) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan. Perlu diketahui, jenis asuransi TLO menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Kehilangan mobil akibat pencurian juga dinilai kerusakan total, sehingga asuransi TLO akan menanggung kerugian atas kehilangan tersebut. Sayangnya, asuransi TLO tidak memberikan pertanggungan jika mobil mengalami kerusakan minor kurang dari 75%. Biaya perbaikan atau penggantian minor tersebut menjadi tanggungan si pemilik. 

Meski begitu, asuransi TLO memiliki kelebihan dari segi premi. Premi asuransi TLO biasanya lebih rendah dibandingkan asuransi mobil All Risk.

3. Asuransi Gabungan

Asuransi Gabungan sering juga disebut sebagai Asuransi Kombinasi. Jenis asuransi mobil kombinasi ini menggabungkan asuransi All Risk dan asuransi TLO, tetapi hanya bisa diperoleh saat kredit mobil. Cara kerja jenis asuransi ini adalah pada tahun pertama mobil akan ditanggung secara all risk, kemudian di tahun berikutnya hanya asuransi mobil TLO saja.

4. Asuransi Perluasan (Rider)

Dari ketiga jenis asuransi mobil yang telah disebutkan tadi, pengguna bisa menambahkan jaminan perluasan asuransi kendaraan. Jaminan perluasan merupakan benefit tambahan, selain pertanggungan karena kecelakaan atau hilang. Berikut ini jaminan perluasan dengan premi tambahan:

  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan banjir dan angin topan
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan gempa bumi dan tsunami
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan huru-hara atau kerusuhan
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan terorisme dan sabotase
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan kecelakaan diri penumpang
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung jawab hukum terhadap penumpang

5. Asuransi Collision Coverage

Jenis asuransi mobil terakhir adalah Collision Coverage. Jenis asuransi mobil ini dikhususkan untuk menanggung biaya pengobatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi. Selain itu, asuransi kendaraan ini juga akan menanggung biaya kerusakan dan ganti rugi sesuai dengan harga mobil yang dimiliki.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis asuransi mobil dan manfaatnya. Setelah mengetahui beberapa jenis asuransi mobil di atas, tertarik membeli asuransi mobil yang mana nih?

Bagi yang sedang mencari asuransi mobil terbaik, Asuransi Mobil Autocillin dari Zurich Asuransi Indonesia bisa menjadi pilihan. Terdapat tiga pilihan perlindungan dari Asuransi Mobil Autocillin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yakni Comprehensive, Comprehensive Plus, dan Total Loss Only (TLO).

Selain itu, Asuransi Mobil Autocillin juga memiliki beragam fitur tambahan, salah satunya kemudahan mengajukan klaim asuransi melalui aplikasi Autocilin Mobile Claim.

 

membeli